Rabu, 01 Agustus 2018

Tips Kelola Keuangan Mahasiswa ala Azmul

Sesuai janji di ig story saya @azmulpawzi, menjelaskan dikit cara saya agar bisa menyisihkan uang buat beli buku. Padahal saya anak bidikmisi yg pemasukan utamanya ya disitu, 600rb per bulan yg kadang telat masuknya.

Oke, jaman kuliah dulu saya mengalokasikan keuangan saya jadi 6 bagian. Untuk kebutuhan pangan (beras dan lauknya), bayar tempat tinggal (maklum anak rantau), serba serbi kuliah (tugas, fotocopyan, dan transportasi kuliah), pengembangan diri (organisasi, kepanitiaan, pelatihan2), sosial (khusus buat makan diluar sama temen, untuk biaya pergaulan, tapi ini persentase paling kecil), dan hobi (dalam hal ini beli buku dan makan martabak, karna saya suka bgt sama martabak). Setiap bagian punya persentase masing2, tergantung kebutuhan tiap bulannya.

Jadi tiap bulan beli buku dan martabak adalah masuk list wajib saya dan harus KONSITEN. Kalo kita emang mau semangat membaca dan mencintai ilmu (termasuk menghargai penulis yg memberi ilmu dgn membeli bukunya). Kita juga harus mengalokasikannya. Walaupun harus memotong biaya jajan dan nongkrong kita.

Kalo masih banyak baju kita dari pada buku, berarti kita lebih menyukai mengupdgrade penampilan dari pada otak.

Setelah saya bagi2, saya harus komitmen dengan itu. Kalo abis uang sosial, ya saya akan menolak ajakan2 main. Kalo abis biaya pengembangan diri, saya tahan untuk ga ikut training2 dan seminar. Walau kadang ga berjalan ideal. Tapi kita pastikan ga melenceng jauh.

Dua semester awal saya masih berantakan, sehingga biaya makan saya-pun tak terkendali. Pernah saya beli satu telor goreng Rp 3000 di BC depan asrama unand, di potong tiga bagian untuk jd lauk makan pagi, siang dan malam. Ini dampak pengaturan uang berantakan.

Di semester 4 keatas saya terbantu dengan beberapa kali dapat job jadi pengisi acara training-training. Walau ngga banyak, tapi cukup membantu menambah keuangan saya.

Sampai diakhir masa perkuliahan, terutama semester 7 hingga wisuda, alhamdulillah penghasilan saya cukup lumayan sbg seorang mahasiswa di padang. Karna udah banyak pemasukan ini dan itu. Jadi nominal dr bagian2 diatas semakin besar.
Itu aja, semoga ada manfaatnya.

#MelangkahMenginspirasi

0 komentar:

Posting Komentar