Rabu, 01 Agustus 2018

Taat Tanpa Tanya

Aisyah, ibunda para mukminin pernah berkisah betapa hebatnya wanita-wanita anshar dalam menaati perintah-Nya.

Saat itu surat An-Nur ayat 31 yang berisi perintah kepada muslimah menutup aurat dan menjulurkan jilbabnya hingga menutupi dada.

Sebelum turun ayat ini, para wanita belum berjilbab, sehingga rambut dan beberapa bagian tubuh lain terlihat.

Jadi jika masih ada yang mengatakan jilbab apalagi cadar adalah budaya arab. Mungkin mereka terlampau polos karna kurang baca.

Kembali ke kisah para wanita anshar, setelah mendengar Surat An-Nur ayat 31 tersebut turun kepada Nabi, para lelaki segera memerintahkan istri, putri, dan saudari-saudarinya untuk berkerudung hingga terjulur menutup aurat.

Lalu apa yang muslimah generasi awal Islam itu lakukan?

Dengan bergegas mereka meraih kain yang ada, entah itu gorden atau apapun yang dapat menutup aurat mereka. Mereka taat tanpa tanya, tanpa pikir-pikir, apalagi berdalih jilbabin hati dulu.

Tak ada pertanyaan, "apa untungnya berjilbab?", "berjilbab masih bisa cantik ga?", "kira-kira masih bisa berkarir tidak?", "nanti jodoh jauh tidak?". Sungguh tidak ada pertanyaan macam-macam dari mulut mereka.

Tak ada juga pernyataan, "Nunggu hidayah dateng dulu deh", "Belum siap nih", "kelakuan masih kacau, nanti ga sesuai dengan jilbab", "pakai jilbab panas, bikin rambut rontok", dll. Semua dilakukan tanpa rasa berat. Tanpa banyak alasan.

Itulah mental manusia beriman sesungguhnya. Yang mereka lakukan hanya taat tanpa tanya. Jika Allah yang memerintahkan, maka dengan sepenuh jiwa dilaksanakan.

Sudahkah kita taat kepada Allah dan Rasul tanpa banyak tanya? Tanpa banyak alasan dan keluhan? Lalu menjalankan segala perintahNya dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.

Untuk saudariku, terkhusus untuk para muslimah, yuk menutup aurat secara syar'i. Julurkan jilbabmu hingga menutup dada. Gunakan pakaian-pakaian longgar yang tak membentuk lekuk tubuh dan tak transparan. Jaga dirimu hingga seperti ungkapan Rasul, yaitu perhiasan terindah di dunia.

Dan untuk seluruh muslim.Mari kita taat kepada-Nya, tanpa tanya. Karna apa yang berasal dari Allah, adalah yang terbaik bagi kita.

#MelangkahMenginspirasi

0 komentar:

Posting Komentar