Jumat, 17 Agustus 2018

Cita-Cita Seorang Muslim

Seorang muslim sudah sepantasnya memiliki satu diantara dua cita-cita ini.

1. Ulama yg Cendekiawan
2. Cendikiawan yg Ulama

Seperti yg kita ketahui, ulama ada mereka yg memiliki kepahaman ilmu mendalam dalam agama dan menjadi pembimbing umat. Sedangkan cendekiawan adalah mereka yang memiliki kedalaman dalam sebuah ilmu dan mempergunakan ilmu yang dia miliki dan ketajaman pikiran untuk menganalisis dan merumuskan solusi dalam masalah manusia.

Maka, Ulama yg cendekiawan adalah mereka yg memiliki keilmuan agama yg dalam. Mampu menguasai Tafsir Al-Qur'an dan Hadits. Memiliki ilmu nahwu yg mumpuni, serta keilmuan lainnya yg membuat ia menjadi rujukan dalam masalah beragama. Lalu ia adalah ulama yg mampu membawa idealisme Islam sesuai dengan realitas kehidupan. Membumikan ajaran Allah sehingga umat terbimbing dengan baik dan benar. Menyelesaikan permasalah hidup dan sosial dalam perspektif agama. Dan tak merasa berat menjalankan islam dalam berbagai aspek kehidupannnya.

Dan Cendekiawan yg Ulama adalah mereka yg mumpuni dan bergerak dalam bidang ilmu masing-masing. Baik itu ekonomi, kesehatan, sosial politik, sains teknologi, sastra dan berbagai lainnya. Ia bisa membawa ketinggian bidang ilmu itu dengan paduan pemahaman islam yg baik. Sehingga memberi solusi untuk umat dalam berbagai perkaranya dan berkembang dalam pagar syariat.

Seperti yang kita ketahui kecenderungan pakar sains pengikut peradaban barat yang memiliki landasan sekuleristik dan ateisitik membuat para cendekiawan mulai sekuler dan anti Tuhan. Usaha pemisahan dunia sains dan teologi sudah amat jelas kita lihat. Dan hal ini membuat slogan-slogan pemisahan antara agama dan sisi kehidupan semakin gencar digemakan kaum sekuler. Pisahkan ekonomi,politik, budaya, dan sebagainya dengan agama hal yg sering kita dengar bahkan oleh rezim saat ini.

Maka dari itu alangkah patutnya pemuda-pemuda muslim memiliki cita-cita satu antara dua hal ini. Ulama yg cendekiawan atau Cendekiawan yg ulama. Agar menjadi solusi umat manusia yg beragama, bermoral dan holistik juga integratif.

Nah kamu, apa cita-citamu?
#MelangkahMenginspirasi

0 komentar:

Posting Komentar