Rabu, 01 Agustus 2018

Pengorbanan Kita Untuk Islam

Imam Syahid Hasan Al Banna pernah berkata "Tidak ada dakwah tanpa jihad, dan tidak ada jihad tanpa pengorbanan". Maka pengorbanan di perlukan dalam mendakwahkan islam.

Dan memang sudah menjadi alur berpikir seorang mukmin untuk merencanakan kontribusi terbaik untuk islam. Jadi pertanyaan yg timbul itu "apa yang bisa saya berikan untuk umat ?". Begitulah mentalitas tentara Allah.

Berbeda dengan seorang kafir dan munafik. Mereka hanya bertanya apa yang bisa mereka ambil dari umat? Apa keuntungan bergerak untuk islam?
.
Maka memberikan pengorbanan adalah kemestian dalam perjuangan islam. Ia adalah sebab pertolongan Allah dan agar dakwah selalu berkembang.
Maka bagi seorang muslim yang beriman kepada-Nya. Kita harus mulai memberikan pengorbanan terbaik untuk islam dan umat.

Apa saja pengorbanan itu?

Kita bisa memberikan pemikiran yang brilian, rapat siang malam, memahami ilmu islam dan ilmu lainnya, merumuskan strategi dakwah yang efektif.

Kita juga bisa memberikan skill kita. Bila kita mampu menulis, kita hibahkan untuk islam. Kita bisa design dan membuat video, kita sumbangkan karya untuk perbaikan umat.

Kita juga bisa bisa kontribusikam tenaga. Mengerjakan kerja-kerja dakwah yang kadang menguras daya fisik. Kegiatan sosial lalu berkhitmat untuk umat.

Bila kita memiliki kelapangan harta, menyumbangkan harta adalah bentuk kontribusi kita. Bahkan jiwa raga jika perlu dikorbankan untuk islam, akan kita berikan. Itulah semangat perjuangan islam yang dicontohkan para Rasul dan punggawa dakwah.

Bahkan jika keterbatasan daya kita miliki, kita tetap harus memberikan apa yang kita mampu. Di zaman Nabi ada sahabat yg tak punya harta, tak punya kemampuan perang, keterbatasan dalam pemikiran. Namun dia tetap ingin berkontribusi untuk umat. Bagaimana caranya?

Secara sukarela ia bersihkan masjid nabawi setiap hari. Ia sapu dari debu. Ia bersihkan dari kotoran. Itulah kontrbusinya.

Jadi, jika kita memiliki tenaga, ilmu, kecerdasan, harta, keahlian dan jiwa raga. Apa yg sudah kita berikan dan korbankan untuk kejayaan dan kebangkitan umat islam?

#MelangkahMenginspirasi
.
📷 Orasi dalam Agenda Aksi Solidaritas untuk Suriah

0 komentar:

Posting Komentar