Sabtu, 16 Februari 2019

Serial Merenungi Waktu ~ Bagian 5 : Berdakwah


Agar diri terhindar dari manusia merugi, ternyata beriman dan beramal shalih saja tak cukup. Jadi kalo kita sholeh sendiri, rajin ibadah sendiri, alim sendiri, itu belum jadi manusia beruntung.

Dalam surat Al-Asr ayat 3, ada syarat lainnya, yaitu saling menasehati dalam kebenaran. Secara sederhananya adalah berdakwah.

Apa itu dakwah? Yaitu menyeru manusia kepada Allah, dengan hikmah dan cara yg baik. Mengajak manusia untuk menjalankan perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya. Dan membawa manusia dari gelapnya jahiliyah hingga terang benderangnya cahaya islam.

Berdakwah adalah syarat mutlak agar kita tak jadi manusia merugi.  Apa yang kita dakwahkan? Yaitu kebenaran. Ingat kebaikan belum tentu benar, tapi kebenaran pasti baik.

Dan setiap muslim, Allah tuntut untuk saling menasehati, saling mendakwahi. Bukan malah sibuk ibadah sendiri.

Nahnu du'at qobla kulli sya'i. Kita adalah da'i sebelum jadi apapun. Sebelum menjadi profesi kita sekarang, da'i adalah profesi utama kita.

Yang perlu diingat, dakwah bukan cuma ceramah di masjid. Bukan cuma pidato di televisi. Dakwah bisa dengan banyak cara.

Bisa dengan tulisan, bisa dengan design grafis, bisa dengan video kreatif, bisa ngobrol di warung kopi dan cara-cara lainnya.

Juga ga harus bicara di depan banyak jama'ah. Bisa ke keluarga kita, teman kita, teman di sosmed dan siapapun.

Iman pasti membuat kita ingin merubah kemaksiatan menjadi amal shalih. Makanya kita buat mimpi, target dan strategi dakwah kita. Dan laksanakan dakwahmu.

Dengan berdakwah, selain mendapat pahala, kita juga berkesempatan mengemban misi mulia para Nabi. Jadi berdakwah bisa jadi bukti cinta kita kepada Rasulullah.

Yuk berdakwah. Jadi agen muslim penyebar manfaat islam. Agar kita tak menjadi manusia merugi.

Oh iya, beriman, beramal shalih dan berdakwah belum cukup juga menjauhkan kita dari golongan manusia merugi. Ada satu lagi? Apakah itu?

-bersambung-

#Serial
#MerenungiWaktu
#MelangkahMenginspirasi

0 komentar:

Posting Komentar