Sabtu, 16 Februari 2019

Muhajirin Urban


Muhajirin urban, begitu istilah yg senang saya gunakan akhir-akhir ini untuk menyebut kaum muda yang mulai berbondong-bondong berhijrah menjadi lebih baik di wilayah perkotaan.

Seperti yg kita tahu, Muhajirin adalah sebutan bagi sahabat nabi yang hijrah dari mekah ke madinah. Sedangkan urban adalah kawasan perkotaan.

Beberapa tahun terakhir fenomena hijrah anak muda perkotaan di berbagai kota di Indonesia memang begitu menakjubkan. Kita bisa temukan banyak sekali perubahan dari banyak kaum milenial yg kita kenal.

Biasanya anak muda perkotaan terkenal dengan hedonisme, pergaulan bebas, dan kenakalan remaja lainnya. Kini mulai ada trend baru. Hijrah bagi kaum muda perkotaan.

Hijrah dari kondisi, kebiasaan, dan lingkungan yg membuat kita sering bermaksiat menjadi manusia yang kebiasaan dan lingkungan benar juga baik.

Dari yg saya liat di lingkungan pergaulan saya. Ada cewek yang dulunya pakaian terbuka, seksi dan tiba-tiba berjilbab syar'i dan tetap istiqamah hingga sekarang.

Ada yang cowok yg suka mabok pas nongkrong, eh jadi aktivis pengajian. Rajin shalat berjama'ah di masjid.

Banyak cerita keren para muhajirin urban yang menarik dan luar biasa. Mereka masih muda. Jiwa muda juga masih bergejolak dalam diri mereka.

Tapi mereka bisa mengalahkan nafsu buruk dalam dirinya, dialihkan ke kegiatan positif dan ibadah.

Banyak alasan yang mendorong mereka. Ada yang karna temen yang ngajak. Ada karna move on dari pacar yang nyakitin. Ada karna baca-nonton kajian di sosmed, dan banyak lagi.

Tapi apapun pendorong hijrah. Jika ikhlas, serius dalam proses perbaikan diri dan istiqamah, sesungguhnya mereka masuk golongan yang beruntung.

Ada hadits tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah ketika di akhirat. Dan salah satunya adalah anak muda yang senantiasa ibadah kepada Allah.

Sholat dijalankan, aurat ditutup dengan syar'i, al-qur'an dibaca, rajin nuntut ilmu agama, dan jalani banyak amalan sunnah lainnya. Juga meninggalkan segala kegiatan maksiat.

Muhajirin urban, ini baru model anak muda keren dunia akhirat. So, ayo kita sama-sama jadi  menjadi lebih baik secara dunia dan akhirat.

#MuhajirinHijrah
#MelangkahMenginspirasi

0 komentar:

Posting Komentar