Sabtu, 16 Februari 2019

Serial Merenungi Waktu ~ Bagian 3 : Beriman


Setidaknya ada 4 hal yg harus kita miliki agar waktu atau umur yg telah Allah berikan kepada kita, tidak membawa kita menjadi manusia merugi. Menurut surat al Asr ayat tiga, hal yg pertama dan paling mendasar adalah iman.

Jumhur ulama mendefinisikan iman adalah membenarkan dengan hati, mengakui dengan lisan, dan mengamalkan dengan perbuatan.

Apa yang dibenarkan? Bahwa Allah adalah satu-satunya Sesembahan yg pantas disembah, dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah yang membawa risalah islam untuk seluruh umat manusia.

Iman inilah yang membuat tentram jiwa dan selalu berusaha menggapai cinta-Nya. Iman ini yang menggelorakan semangat untuk memperjuangkan islam. Iman ini yg menjadi alasan mengapa kita melawan ketika islam dilecehkan. Dan iman ini pula yang membawa kita ingin memperbaiki kemungkaran dimuka bumi.

Bicara iman saya selalu teringat hadits arba'in ke 34 yang berbunyi : "Barangsiapa melihat kemungkaran, hendaklah merubah dengan tangannya; jika tidak mampu, maka dengan lisannya; jika tidak mampu maka dengan hatinya, dan yang demikian itu tingkatan iman paling lemah.”
.
Tingkatan iman terendah adalah merubah kemungkaran walau dalam hati. Walau hanya dengan do'a yang hanya didengar Allah Sang Maha Pendengar. Walau hanya memohon hidayah kepada sang pelaku.

Tapi bayangkan jika kita melihat kemungkaran, namun hati kita tenang-tenang saja. Kita bersikap masa bodoh, dan tak acuh. Apakah masih ada iman dalam hati kita? Terlebih jika kita pelaku kemungkaran. Naudzubillah.

Mari kita evaluasi keimanan kita. Akan tetapi ternyata beriman belum cukup membebaskan kita dari manusia merugi.

Masih ada hal yg harus kita penuhi. Apa itu?

-bersambung-

#Serial
#MerenungiWaktu
#Beriman
#MelangkahMenginspirasi

0 komentar:

Posting Komentar