Sabtu, 16 Februari 2019

Serial Merenungi Waktu ~ Bagian 2 : Semua Manusia Merugi


Setelah Allah bersumpah atas nama ciptaannya bernama waktu. Dan Allah juga menganugrahkan panjang waktu (umur) yg berbeda-beda kpd setiap manusia.

Hal yang menarik dari ayat selanjutnya surat Al-Asr adalah firman Allah yg menegaskan bahwa setiap manusia pasti merugi. Bahwa setiap insan bernyawa akan celaka.

Para ulama membagi kerugian ini kepada dua hal : rugi total atau sebagian. Tapi rugi tetaplah rugi. Kerugian yang Allah maksud, walau sekecil apapun bentuk kerugiannya. Pasti adalah sesuatu yang amat mengerikan. Apalagi rugi total.

Maka kita sebagai manusia yg diberikan modal umur oleh Allah. Diberikan waktu oleh Sang Maha Pencipta. Harus mengetahui dan sadar diri bahwa modal yg kita pegang akan membawa kita kepada kerugian & kebinasaan.

Kesadaran inilah yg membawa kita untuk tidak mau jadi manusia yg merugi. Jika kita berdagang, kita pasti ingin untung. Pedagang mana yg orientasinya adalah kerugian. Mereka pasti ingin keuntungan. Selayaknya seorang pedagang, sudah manusiawi jika kita untung.

Jadi dengan modal umur/waktu yg Allah anugrahkan ini, harus kita gunakan sebaik-baiknya, agar kita tidak tak termasuk menjadi manusia merugi, dan masuk menjadi insan beruntung.

Tapi, bagaimana caranya?
.
-bersambung-

#Serial
#MerenungiWaktu
#MelangkahMenginspirasi

0 komentar:

Posting Komentar